5 Tips Menciptakan Ruang Kerja yang Inspiratif di Rumah
Gaya Hidup

5 Tips Menciptakan Ruang Kerja yang Inspiratif di Rumah

Tips Menciptakan Ruang Kerja – Tahun baru tentunya memberikan semangat bagi kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Ada yang ingin mendapatkan pekerjaan, berharap bisa lulus kuliah dengan baik, lebih produktif dan aktif di tahun baru ini, dan masih banyak lagi. Menjadi orang yang produktif bukan berarti harus bekerja kantoran dan untuk menjadi produktif, harus ada dorongan dari dalam diri kita sendiri, namun juga dukungan dari lingkungan sekitar kita.

Ada banyak sekali pilihan pekerjaan yang sebenarnya bisa Anda lakukan dari rumah, misalnya menjadi pengusaha, penulis, desainer grafis, bahkan notaris. Banyak teman saya yang memilih bekerja dari rumah dan menjadi freelancer karena kebutuhan untuk menyeimbangkan waktu bersama keluarga dan waktu bekerja. Bagi seorang freelancer, ruang kerja yang nyaman untuk bekerja dari rumah sangatlah penting untuk menunjang produktivitas. Saya telah merangkum 5 tips menciptakan ruang kerja yang menginspirasi untuk Anda, para freelancer!

1. Pilih tempat terbaik di rumah

Sama seperti mereka yang bekerja di kantoran, tentunya membutuhkan ruang kerja yang kondusif untuk bekerja. Untuk itu pilihlah ruangan yang jauh dari kebisingan, hindari menghadap jalan raya atau rumah lainnya. Namun, jika tujuan Anda bekerja dari rumah adalah untuk juga bisa mengontrol keluarga dan apa yang terjadi di rumah, maka pilihlah tempat yang juga memudahkan Anda melakukannya.

Baca juga: 5 DAFTAR MANFAAT BACA BUKU DALAM HIDUP

2. Ruang hijau untuk ruang kerja

Memiliki pemandangan yang hijau tentu sangat menyenangkan. Konon warna hijau membawa ketenangan, mampu menghilangkan stres, dan juga memberikan kenyamanan. Jika Anda bekerja dari rumah, saya sangat merekomendasikan ruang kerja dengan pemandangan hijau. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang tinggal di apartemen juga memiliki ruang hijau sendiri.

3. Pilih warna yang sesuai dengan pekerjaan Anda

Ada 4 warna yang bisa mendorong produktivitas yaitu biru, merah, kuning, dan hijau. Keempat warna tersebut tentunya memiliki keunggulan masing-masing dalam mempengaruhi orang yang bekerja di dalam ruangan. Biru dikatakan sebagai warna yang membawa ketenangan. Di sisi lain, warna merah mendorong seseorang untuk lebih aktif dalam bekerja. Jika Anda membutuhkan lebih banyak inspirasi dalam berkarya, maka warna kuning bisa menjadi pilihan Anda, dan hijau tentunya melambangkan kesegaran dan kemakmuran.

4. Jadilah Terorganisir!

Ruangan yang rapi dan bersih tentu memberikan kenyamanan dalam bekerja. Pilihlah furnitur yang memiliki banyak laci penyimpanan, sehingga Anda bisa menyimpan segala berkas dan dokumen penting di dalamnya. Luangkan waktu untuk mengkategorikan jenis dokumen yang tersedia, untuk memudahkan Anda menemukan apa yang Anda butuhkan.

5. Pilih musik yang mendukung mood Anda

Banyak orang memilih melakukan pekerjaannya sambil mendengarkan lagu favoritnya. Pastikan lagu-lagu yang didengarkan saat bekerja menunjang mood dan membuat Anda lebih tenang namun tetap semangat bekerja. Dengarkan lagu yang tidak terlalu berisik agar Anda bisa berkonsentrasi lebih baik.

Anda mungkin juga suka...