Mengembangkan Bisnis Lokal – Jika Anda sudah memulai bisnis lokal, sangat penting untuk menerapkan pemasaran digital untuk menarik lebih banyak pelanggan lokal. Saat ini, dengan potensi kemampuan periklanan online, Anda dapat dengan mudah menargetkan pelanggan lokal dan membuat mereka mengenal bisnis Anda. Oleh karena itu, ada sejumlah strategi khusus yang penting untuk dimasukkan ke dalam upaya pemasaran digital Anda untuk bisnis lokal.
1. Mulailah dengan “ajakan bertindak”
Faktanya, tidak ada kampanye pemasaran digital untuk bisnis lokal yang berhasil tanpa ajakan bertindak (CTA). Aspek CTA mengacu pada tujuan sederhana untuk memberikan instruksi yang jelas kepada publik yang membantu mengarahkan prospek Anda ke ambang batas konversi menjadi pelanggan.
Ajakan bertindak sangat penting dalam segala bentuk pemasaran digital untuk bisnis lokal yang berfokus pada perjalanan pembeli, terlepas dari apakah Anda sibuk mempromosikan penjualan musiman di Facebook atau membuat iklan Google. CTA yang kuat juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan keunggulan merek Anda dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan industri spesifik tempat bisnis Anda berada.
2. Gunakan strategi penyampaian pesan yang cepat dan menarik
Peningkatan jumlah rata-rata orang memeriksa ponselnya (penelitian menunjukkan bahwa rata-rata orang Amerika mengangkat dan memeriksa ponselnya 80 kali sehari) menekankan perlunya mengirimkan pesan terkait pemasaran digital ke komunitas lokal. bisnis dengan cepat dan menarik. Biasanya, Anda hanya memiliki waktu beberapa detik untuk memasarkan bisnis Anda dan membangun hubungan dengan calon pelanggan.
Baca juga: 5 Daftar Taman Hiburan Terbaik di Dunia, Liburan Seru!
Pastikan sumber daya pemasaran Anda jelas, menarik, dan rapi. Selain itu, saat mengirimkan pesan penting kepada pelanggan Anda, pastikan untuk menyampaikan kesan yang baik atau memikat pengguna akhir Anda dengan banyak insentif agar mereka mengeklik dan menjelajahi laman landas Anda yang idealnya persuasif namun sederhana. Sama sekali tidak ada waktu untuk komplikasi.
3. Jadikan halaman arahan Anda spesifik
Ada juga kebutuhan untuk membuat halaman arahan yang sesuai selain membuat postingan atau iklan Facebook yang sempurna sambil menyusun strategi pemasaran digital Anda untuk bisnis lokal. Seringkali merupakan ide bagus untuk melakukan sesuatu secara sembarangan untuk menghemat waktu atau uang, misalnya, menautkan materi pemasaran digital seperti iklan, postingan media sosial, dll. ke halaman beranda Anda. Namun bisakah Anda mengukur bagaimana pengunjung situs web Anda akan bertindak sebagai respons setelah membuka situs web Anda dan tidak menemukan apa pun yang berharga?
Jadi, berikan upaya ekstra dalam membangun halaman arahan yang memiliki relevansi dengan kampanye pemasaran digital Anda untuk bisnis lokal. Ini bukan hanya tentang menjaga pengunjung situs web Anda tetap fokus, tetapi juga tentang memanfaatkan waktu mereka yang berharga sebaik-baiknya. Orang-orang secara alami tidak sabar ketika mencari sesuatu secara online. Beri mereka apa yang menarik hati mereka dengan halaman arahan yang sangat bertarget.
4. Aktif di media sosial
Memiliki halaman Facebook untuk bisnis lokal tidak sepenuhnya diperlukan. Ini perlu diperbarui secara berkala untuk menjangkau prospek dan secara aktif terlibat dengan pelanggan Anda yang kembali. Hindari membatasi aktivitas Facebook Anda hanya pada promosi dan penjualan produk/layanan Anda dan menawarkan kupon khusus meskipun tidak diragukan lagi penting dan berguna.
Anda dapat memanfaatkan Facebook untuk menambahkan berbagai bentuk nilai pada bisnis Anda. Misalnya, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan panduan atau postingan blog yang sesuai sebagai alat pemasaran digital bagi bisnis lokal guna membantu membangun dominasi bisnis Anda di domain keahlian Anda. Alternatifnya, Anda dapat memasang infografis menawan yang menunjukkan cara unik untuk membangun relevansi bagi bisnis dan merek Anda.
Pastikan Anda bertindak sebagai tanggapan terhadap komentar dari pelanggan Anda. Tertarik dan ciptakan dialog yang bermakna. Anda bisa bersikap praktis namun ramah ketika menanggapi kritik negatif. Strategi pemasaran digital Anda untuk bisnis lokal juga harus mencakup pengiriman pesan pribadi ke pelanggan yang tidak puas dan mencari masukan dari mereka tentang cara meningkatkannya. Dengan cara ini, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan memberi tahu pengikut bahwa Anda mendengarkan dan peduli.
5. Bertindak berdasarkan SEO Anda
Partisipasi aktif di media sosial tentunya membantu dalam perencanaan dan penerapan taktik SEO yang kuat. Selain itu, Anda perlu lebih memperkuat kehadiran web bisnis lokal Anda dengan mengoptimalkan situs web Anda secara menyeluruh.