5 Langkah Memulai Bisnis E-Commerce yang Sukses
Bisnis

5 Langkah Memulai Bisnis E-Commerce yang Sukses

Langkah Memulai Bisnis E-Commerce – Kini banyak orang yang mulai mencari langkah untuk memulai bisnis e-commerce. Bagaimana tidak, bisnis ini mempunyai potensi yang besar di Indonesia. Selain jumlah penduduknya yang mencapai 260 juta jiwa, rata-rata konsumsi masyarakat mengalami peningkatan sebesar 5,4% per tahun. Pendapatan masyarakat kelas menengah juga diperkirakan meningkat dari Rp 108,2 juta pada tahun 2017 menjadi Rp 285 juta pada tahun 2030.

Ada banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bisa mensuplai bisnis ini. Belum lagi separuh penduduk Indonesia menggunakan akses internet. Indonesia mempunyai kekuatan yang menunggu untuk dioptimalkan. Jika Anda ingin melihat peluang dalam bisnis e-commerce dan berencana memulainya, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih produk yang ingin Anda jual

Mulailah mencari ide produk untuk dijual. Pikirkan di mana dan bagaimana mendapatkan produk tersebut. Apakah Anda akan membuatnya sendiri, mengambilnya dari pemasok, atau menjualnya sebagai pengecer? Selain itu, pikirkan di mana Anda akan menyimpan barang tersebut. Lalu, uji apakah produk tersebut layak dijual atau tidak. Uji kelayakan ini perlu Anda lakukan sebagai member rajasgptoto meski hanya dalam skala kecil. Misalnya bertanya kepada kerabat atau melakukan survei dengan memberikan sampel produk.

2. Penelitian dan Persiapan

Setelah memperoleh suatu produk, menilai potensi penjualannya, dan menemukan pemasok produk tersebut, Anda siap membuat rencana bisnis. Sebelumnya lakukan riset terhadap kompetitor dan lakukan inovasi agar produk Anda menjadi pembeda. Pastikan kualitas produk Anda juga unggul untuk meningkatkan nilai yang dirasakan pembeli. Rencana bisnis akan menjadi peta yang membantu Anda berpikir dan bertindak. Desain bisnis juga penting untuk mengetahui mana yang menjadi prioritas dan bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru secara efektif.

Baca juga: 5 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Anda Melalui Pemasaran Digital

3. Mulailah mengatur bisnis Anda

Pertama, Anda harus memberi nama toko atau bisnis Anda. Pilih nama yang tepat dan pastikan masih tersedia di domain website. Setelah Anda menemukan nama yang mudah diingat, saatnya membuat logo. Kedua, Anda harus memahami dasar-dasar Search Engine Optimization (SEO). Hal ini berguna agar Anda mengetahui bagaimana peringkat website toko Anda di halaman depan Google.

Ketiga, mulai membangun website toko. Gunakan situs web yang sudah dikenal untuk membuat toko online seperti Shopify, WooCommerce, BigCommerce, Wix, atau Weebly. Anda juga harus memberikan foto, deskripsi produk, harga, atau berat barang berkualitas tinggi.

Memiliki blog adalah sesuatu yang patut dipertimbangkan. Blog dapat menjadi saluran komunikasi dan meningkatkan engagement dengan pembeli. Ini juga dapat menarik lalu lintas ke situs web Anda jika kontennya berkualitas dan dikelola dengan baik.

4. Tentukan Metode Pembayaran

Pilihlah metode pembayaran yang memudahkan Anda dan pelanggan dalam melakukan transaksi. Fasilitas pembayaran biasanya tersedia jika Anda menggunakan jasa penyedia layanan e-commerce. Jika tidak, Anda bisa menggunakan transfer antar rekening.

5. Bersiaplah untuk Meluncurkan Website

Ketika website toko sudah siap diluncurkan, saatnya Anda bekerja keras. Langkah memulai bisnis e-commerce adalah Anda harus membuat digital marketing berjalan dengan baik, yaitu mendorong aktivitas jual beli yang tepat sasaran.

Anda bisa melakukan strategi pemasaran melalui media sosial atau menggunakan Google Analytics untuk mengungkap ide-ide baru dalam pemasaran. Gunakan pemasaran email untuk memberi tahu Anda tentang produk terbaru, informasi diskon harga, dan berita terkini lainnya tentang bisnis Anda.

Anda mungkin juga suka...