Bagaimana Blockchain Berdampak pada Dunia Bisnis?
Aplikasi

Bagaimana Blockchain Berdampak pada Dunia Bisnis?

Blockchain Berdampak pada Dunia Bisnis – Bagi Anda yang pernah mendengar tentang bitcoin atau cryptocurrency, mungkin sudah tidak asing lagi dengan blockchain. Blockchain digunakan sebagai dasar pembentukan mata uang digital ini, namun sebenarnya sistem ini bisa lebih dari itu. Seiring berjalannya waktu, blockchain mulai banyak digunakan untuk berbagai hal dan berbagai bidang industri. Mari kita lihat lebih dalam bagaimana blockchain berdampak pada dunia bisnis.

Blockchain adalah buku besar transaksi terdesentralisasi yang dikelola oleh banyak sumber berbeda. Akibatnya, otoritas pusat seperti bank tidak perlu memastikan apakah suatu transaksi benar-benar terjadi. Yang perlu ditekankan adalah bahwa transaksi yang tercatat di blockchain akan aman dan tidak dapat diubah setelah dikonfirmasi.

Disebut blockchain karena cocok dengan model teknologinya. Basis data Blockchain menyimpan data dalam blok-blok yang dihubungkan bersama dalam sebuah rantai. Kumpulan blok yang terhubung ini dapat menjadi buku besar yang tidak dapat diubah untuk melacak pesanan, pembayaran, dan transaksi lainnya. Mekanisme ini juga mampu mencegah entri transaksi yang tidak sah, menciptakan daftar transaksi yang konsisten antar buku besar yang terhubung.

Audit

Blockhain menawarkan apa yang dikenal sebagai pencatatan transaksi permanen, dan ini mungkin yang dibutuhkan auditor. Auditor ditugaskan untuk memeriksa dan menilai kondisi keuangan perusahaan, dan blockchain membuat tugas mereka lebih mudah dan jelas. Secara teori, data transaksi yang disimpan tidak dapat dimanipulasi lagi dan tentunya lebih aman karena disimpan secara digital.

Baca juga: 7 Daftar Aktivitas Outdoor Seru Saat Traveling

Penjaminan Mutu (QA)

Blockhain ternyata memiliki potensi dalam hal penjaminan kualitas, terutama ketika terjadi kesalahan. Ketika sebuah perusahaan mempunyai jaringan supply chain yang saling terhubung, maka jika diperlukan investigasi oleh Quality Assurance (QA) mengenai sesuatu yang dianggap janggal, sistem blockchain mampu menyediakan buku besar untuk mengidentifikasi permasalahan dengan lebih cepat.

Kontrak Cerdas

Kontrak pintar memungkinkan perusahaan menangani transaksi dalam jumlah besar, seperti perusahaan yang menerapkan model rantai pasokan. Model kontrak ini dapat digunakan untuk mengintegrasikan layanan antar bisnis tanpa membocorkan informasi sensitif.

Manajemen rantai persediaan

Blockchain dapat digunakan untuk melacak barang dan material dalam suatu perusahaan dalam rantai pasokan dari pabrik atau perusahaan lain. Misalnya, ketika suatu produk meninggalkan pabrik, blockchain mampu menyimpan informasi pengiriman hingga barang tersebut tiba di toko ritel dalam memainkan game slot bonus di situs judi slot bonus new member 100.

Transaksi dan Penggantian Biaya

Transaksi dan penggantian (pengembalian) mungkin merupakan aplikasi teknologi blockchain yang paling terkenal saat ini. Cryptocurrency seperti Bitcoin, Etherium dan lainnya didasarkan pada teknologi blockchain. Hingga saat ini, ekosistem blockchain telah menarik perhatian karena merupakan alat investasi dengan pertumbuhan yang sangat tinggi, namun juga sangat fluktuatif. Bagi para penambang (istilah untuk orang yang menambang uang kripto) yang telah memiliki koin (semacam rantai enkripsi data yang kompleks), koin tersebut dapat dijual dengan harga koin saat ini.

Ini adalah beberapa contoh bagaimana blockchain berdampak pada dunia bisnis. Hasil dari penerapan teknologi mungkin baru terlihat di masa depan, namun setidaknya kita memiliki gambaran akan keberadaan teknologi tersebut yang dapat menjadi teknologi revolusioner dan mengubah operasional bisnis suatu perusahaan. Ingin tahu lebih banyak tentang peran blockchain dalam dunia bisnis? Ayo bergabung dengan jurusan Sarjana Bisnis Digital di Universitas Ma’soem!

Anda mungkin juga suka...