5 Daftar Cara Bisnis Anda Tetap Bertahan dan Berkelanjutan

5 Daftar Cara Bisnis Anda Tetap Bertahan dan Berkelanjutan

Cara Membuat Bisnis Anda Bertahan dan Berkelanjutan – Perubahan iklim merupakan tantangan terbesar yang sering dihadapi para pebisnis. Perubahan iklim dapat disebabkan oleh banyak faktor, baik cuaca dapat mengubah tingkat konsumsi menjadi menurun atau tidak. Bahkan dengan perubahan iklim, tingkat kebutuhan masyarakat juga berubah. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis, mempertahankan usahanya dan mengetahui kebutuhan pasar agar usahanya dapat berkelanjutan atau bertahan lama adalah suatu hal yang perlu. Mengutip dari Etrepreneur.com, Senin (27/1/2020), ada 5 cara yang bisa dilakukan agar bisnis Anda bisa bersaing, bertahan, dan berkelanjutan dalam berbagai kondisi.

1. Percaya pada merek Anda

Jika Anda tidak percaya dengan brand Anda sendiri, bagaimana Anda bisa mengharapkan orang tertarik dengan bisnis Anda? Siapkan rencana terperinci tentang bagaimana membuat bisnis Anda tumbuh dan berkelanjutan. Jangan pernah berpuas diri dan selalu berusaha mencari cara baru dan berpikir dari zona nyaman Anda. Begitu orang melihat betapa berdedikasinya Anda, mereka akan merespons dengan baik dan menunjukkan loyalitas terhadap merek Anda.

2. Gunakan kembali dan daur ulang

Daur ulang adalah suatu keharusan bagi setiap bisnis, Anda harus berpikir sekreatif mungkin untuk mendaur ulang furnitur yang biasa Anda buang dan menggunakannya kembali. Perhitungan dapat meminimalisir pengeluaran dengan menggunakan konsep vintage. Tanyakan pada diri Anda bagaimana merek Anda mempromosikan keberlanjutan dan bahan daur ulang apa yang digunakan dalam proses produksinya. Hal ini layak untuk dipikirkan dan memastikan bahwa operasi bisnis Anda hampir tidak menghasilkan limbah.

Baca juga: 5 Poin Penting Penerapan Kecerdasan Buatan pada Bisnis Anda

3. Pekerjaan jarak jauh adalah kuncinya

Saat karyawan berangkat kerja setiap hari, semua perjalanan tersebut meninggalkan jejak lingkungan yang besar. Anda dapat membantu mengurangi keluaran karbon yang dihasilkan oleh perjalanan sehari-hari dengan menawarkan opsi berikut.

4. Miliki konsultan

Memiliki konsultan untuk perusahaan Anda mungkin bisa menjadi pilihan. Dengan seorang konsultan Anda dapat bertukar ide dan mereka akan memberikan saran serta akses mudah ke jaringan perusahaan lain yang semuanya ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

5. Tetapkan tenggat waktu dan target

Bisnis yang tidak berkelanjutan merupakan berita buruk bagi planet bumi. Keberlanjutan harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis Anda agar keduanya menjadi tidak terpisahkan. Untuk itu, Anda harus terus berkembang sebagai brand yang berkelanjutan dan menetapkan target yang ingin dicapai beserta tenggat waktu kapan hal tersebut harus direalisasikan. Setelah ini selesai, lihat kembali cara Anda beroperasi dan pikirkan bagaimana bisnis Anda bisa menjadi lebih berkelanjutan. Selalu ada ruang untuk perbaikan seperti yang dikatakan Mahatma Gandhi, “Jadilah Perubahan yang Anda ingin lihat”.

5 Poin Penting Penerapan Kecerdasan Buatan pada Bisnis Anda

5 Poin Penting Penerapan Kecerdasan Buatan pada Bisnis Anda

Poin Penting Penerapan Kecerdasan Buatan – Perkembangan kecerdasan buatan kini telah merambah ke setiap sisi kehidupan, di setiap belahan dunia. Dalam konteks industri dan bisnis, AI atau kecerdasan buatan bukan lagi sebuah barang mewah, melainkan sebuah kondisi ideal.

Salah satu segmen industri yang belakangan ini mengalami perkembangan pesat adalah industri fintech. Tak hanya arus kas yang terus meningkat berkat aktivitas bisnis yang semakin besar, keberadaan fintech juga semakin memudahkan kehidupan banyak orang. Industri fintech kemudian juga menerapkan kecerdasan buatan dalam layanan atau proses yang disediakannya. Pembahasan singkat tiap poinnya bisa Anda baca di bawah ini.

1. Membantu menilai skor kredit pada pinjaman

Penerapan kecerdasan buatan yang mulai diminati adalah dalam penilaian skor kredit untuk pengajuan pinjaman. Pada segmen usaha besar, credit score sudah dibentuk sedemikian rupa seiring berkembangnya usaha, dan hal ini cenderung mudah dilakukan. Namun bagaimana dengan industri UMKM?

Di sinilah AI berperan dengan menggunakan berbagai algoritma dan data yang bisa diperoleh. Fakta bahwa industri UMKM di tanah air memiliki peran besar dalam perekonomian nasional tidak bisa diabaikan begitu saja sehingga diperlukan dukungan finansial yang memadai.

Baca juga: 5 Langkah Memulai Bisnis E-Commerce yang Sukses

AI dapat membantu suatu perusahaan atau lembaga keuangan dalam menilai skor kredit para pelaku UMKM yang umumnya tidak memiliki aset yang sangat besar. Dengan cara ini, pinjaman dapat diberikan sesuai risiko yang telah dianalisis, dan membantu UMKM berkembang.

2. Memperoleh Consumer Insight dari Proses Bisnis

Consumer Insight merupakan informasi yang memiliki nilai sangat tinggi dalam setiap bisnis. Dalam industri jenis ini, dapat digunakan untuk mendukung peningkatan kualitas layanan, penyesuaian antarmuka aplikasi, dan strategi pemasaran yang efektif.

Keberadaan AI dalam dunia bisnis dapat membantu industri fintech dalam bidang pemasaran dan pengembangan. AI dapat menganalisis data yang telah dikumpulkan dari berbagai saluran masukan, kemudian memberikan hasil pengamatan terhadap data tersebut. Jika dicermati, data-data yang disajikan oleh AI dapat membantu Anda, para pelaku industri fintech, untuk mengembangkan produk dan menghubungi pelanggan melalui jalur yang paling efektif dan efisien.

3. Verifikasi Data Pelanggan Layanan Fintech

Penerapan AI selanjutnya terletak pada verifikasi data dari pengguna yang Anda miliki di bisnis Anda. Verifikasi merupakan proses penting untuk memastikan bahwa pengguna yang meminta akses adalah pengguna yang valid dan berhak atas akun yang dimilikinya.

Proses memastikan kebenaran data ini dapat berjalan dengan cepat dengan bantuan kecerdasan buatan, karena sistem kemudian dapat mengidentifikasi dan menganalisis data pengguna dan data yang ada di database dengan cepat. Selama proses input data dilakukan dengan benar, maka verifikasi akan berjalan cepat dan akurat. Contohnya adalah verifikasi identitas menggunakan fitur biometrik, baik sidik jari, pengenalan wajah, atau deteksi kehidupan. Cara ini sangat efektif untuk melindungi akses akun, sehingga data pengguna selalu aman.

4. Memberikan respons otomatis terhadap input pengguna

Implementasi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah ketika Anda ingin berkomunikasi dengan pengguna Anda. Banyak aplikasi dan website saat ini yang telah menyematkan fitur serupa dengan chatbots, yang dapat memberikan respon cepat terhadap pertanyaan atau masukan yang diberikan pengguna.

Memiliki fitur seperti ini akan sangat memudahkan dalam mengatasi masalah prosedural, karena Anda tidak perlu lagi menyelesaikannya secara manual. Dengan sistem yang dibuat, AI akan mampu mengidentifikasi permasalahan dan mengarahkannya pada solusi yang diperlukan. Komunikasi yang efisien dengan pengguna akan memberikan pengalaman yang lebih baik, sehingga pengguna merasa nyaman dan menjadi pelanggan tetap atas layanan yang Anda berikan.

5. Deteksi Pola untuk Mencegah Penipuan

Pada layanan yang menyediakan transaksi ekonomi seperti fintech, AI juga bisa ‘mengenali’ pola belanja dan aktivitas yang dilakukan pengguna melalui layanan yang Anda berikan. Kedengarannya sederhana, namun bisa dimanfaatkan untuk banyak hal bermanfaat.

Salah satunya dengan mendeteksi indikasi pembajakan akun melalui pola belanja yang tidak wajar. Ketika AI mendeteksi hal ini, sistem dapat memberi tahu pengguna secara langsung. Pemberitahuan ini dapat berfungsi sebagai konfirmasi, atau sebagai peringatan, bahwa ada aktivitas yang tidak wajar pada akun Anda. Jika skenario yang terjadi adalah pembajakan atau penipuan, akun dapat langsung dibekukan atau akses ditutup sementara. Hal ini semata-mata untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna Anda.

5 Langkah Memulai Bisnis E-Commerce yang Sukses

5 Langkah Memulai Bisnis E-Commerce yang Sukses

Langkah Memulai Bisnis E-Commerce – Kini banyak aztec slot orang yang mulai mencari langkah untuk memulai bisnis e-commerce. Bagaimana tidak, bisnis ini mempunyai potensi yang besar di Indonesia. Selain jumlah penduduknya yang mencapai 260 juta jiwa, rata-rata konsumsi masyarakat mengalami peningkatan sebesar 5,4% per tahun. Pendapatan masyarakat kelas menengah juga diperkirakan meningkat dari Rp 108,2 juta pada tahun 2017 menjadi Rp 285 juta pada tahun 2030.

Ada banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bisa mensuplai bisnis ini. Belum lagi separuh penduduk Indonesia menggunakan akses internet. Indonesia mempunyai kekuatan yang menunggu untuk dioptimalkan. Jika Anda ingin melihat peluang dalam bisnis e-commerce dan berencana memulainya, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih produk yang ingin Anda jual

Mulailah mencari ide produk untuk dijual. Pikirkan di mana dan bagaimana mendapatkan produk tersebut. Apakah Anda akan membuatnya sendiri, mengambilnya dari pemasok, atau menjualnya sebagai pengecer? Selain itu, pikirkan di mana Anda akan menyimpan barang tersebut. Lalu, uji apakah produk tersebut layak dijual atau tidak. Uji kelayakan ini perlu Anda lakukan sebagai member rajasgptoto meski hanya dalam skala kecil. Misalnya bertanya kepada kerabat atau melakukan survei dengan memberikan sampel produk.

2. Penelitian dan Persiapan

Setelah memperoleh suatu produk, menilai potensi penjualannya, dan menemukan pemasok produk tersebut, Anda siap membuat rencana bisnis. Sebelumnya lakukan riset terhadap kompetitor dan lakukan inovasi agar produk Anda menjadi pembeda. Pastikan kualitas produk Anda juga unggul untuk meningkatkan nilai yang dirasakan pembeli. Rencana bisnis akan menjadi peta yang membantu Anda berpikir dan bertindak. Desain bisnis juga penting untuk mengetahui mana yang menjadi prioritas dan bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru secara efektif.

Baca juga: 5 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Anda Melalui Pemasaran Digital

3. Mulailah mengatur bisnis Anda

Pertama, Anda harus memberi nama toko atau bisnis Anda. Pilih nama yang tepat dan pastikan masih tersedia di domain website. Setelah Anda menemukan nama yang mudah diingat, saatnya membuat logo. Kedua, Anda harus memahami dasar-dasar Search Engine Optimization (SEO). Hal ini berguna agar Anda mengetahui bagaimana peringkat website toko Anda di halaman depan Google.

Ketiga, mulai membangun website toko. Gunakan situs web yang sudah dikenal untuk membuat toko online seperti Shopify, WooCommerce, BigCommerce, Wix, atau Weebly. Anda juga harus memberikan foto, deskripsi produk, harga, atau berat barang berkualitas tinggi.

Memiliki blog adalah sesuatu yang patut dipertimbangkan. Blog dapat menjadi saluran komunikasi dan meningkatkan engagement dengan pembeli. Ini juga dapat menarik lalu lintas ke situs web Anda jika kontennya berkualitas dan dikelola dengan baik.

4. Tentukan Metode Pembayaran

Pilihlah metode pembayaran yang memudahkan Anda dan pelanggan dalam melakukan transaksi. Fasilitas pembayaran biasanya tersedia jika Anda menggunakan jasa penyedia layanan e-commerce. Jika tidak, Anda bisa menggunakan transfer antar rekening.

5. Bersiaplah untuk Meluncurkan Website

Ketika website toko sudah siap diluncurkan, saatnya Anda bekerja keras. Langkah memulai bisnis e-commerce adalah Anda harus membuat digital marketing berjalan dengan baik, yaitu mendorong aktivitas jual beli yang tepat sasaran.

Anda bisa melakukan strategi pemasaran melalui media sosial atau menggunakan Google Analytics untuk mengungkap ide-ide baru dalam pemasaran. Gunakan pemasaran email untuk memberi tahu Anda tentang produk terbaru, informasi diskon harga, dan berita terkini lainnya tentang bisnis Anda.

5 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Anda Melalui Pemasaran Digital

5 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Anda Melalui Pemasaran Digital

Mengembangkan Bisnis Lokal – Jika Anda sudah memulai bisnis lokal, sangat penting untuk menerapkan pemasaran digital untuk menarik lebih banyak pelanggan lokal. Saat ini, dengan potensi kemampuan periklanan online, Anda dapat dengan mudah menargetkan pelanggan lokal dan membuat mereka mengenal bisnis Anda. Oleh karena itu, ada sejumlah strategi khusus yang penting untuk dimasukkan ke dalam upaya pemasaran digital Anda untuk bisnis lokal.

1. Mulailah dengan “ajakan bertindak”

Faktanya, tidak ada kampanye pemasaran digital untuk bisnis lokal yang berhasil tanpa ajakan bertindak (CTA). Aspek CTA mengacu pada tujuan sederhana untuk memberikan instruksi yang jelas kepada publik yang membantu mengarahkan prospek Anda ke ambang batas konversi menjadi pelanggan.

Ajakan bertindak sangat penting dalam segala bentuk pemasaran digital untuk bisnis lokal yang berfokus pada perjalanan pembeli, terlepas dari apakah Anda sibuk mempromosikan penjualan musiman di Facebook atau membuat iklan Google. CTA yang kuat juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan keunggulan merek Anda dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan industri spesifik tempat bisnis Anda berada.

2. Gunakan strategi penyampaian pesan yang cepat dan menarik

Peningkatan jumlah rata-rata orang memeriksa ponselnya (penelitian menunjukkan bahwa rata-rata orang Amerika mengangkat dan memeriksa ponselnya 80 kali sehari) menekankan perlunya mengirimkan pesan terkait pemasaran digital ke komunitas lokal. bisnis dengan cepat dan menarik. Biasanya, Anda hanya memiliki waktu beberapa detik untuk memasarkan bisnis Anda dan membangun hubungan dengan calon pelanggan.

Baca juga: 5 Daftar Taman Hiburan Terbaik di Dunia, Liburan Seru!

Pastikan sumber daya pemasaran Anda jelas, menarik, dan rapi. Selain itu, saat mengirimkan pesan penting kepada pelanggan Anda, pastikan untuk menyampaikan kesan yang baik atau memikat pengguna akhir Anda dengan banyak insentif agar mereka mengeklik dan menjelajahi laman landas Anda yang idealnya persuasif namun sederhana. Sama sekali tidak ada waktu untuk komplikasi.

3. Jadikan halaman arahan Anda spesifik

Ada juga kebutuhan untuk membuat halaman arahan yang sesuai selain membuat postingan atau iklan Facebook yang sempurna sambil menyusun strategi pemasaran digital Anda untuk bisnis lokal. Seringkali merupakan ide bagus untuk melakukan sesuatu secara sembarangan untuk menghemat waktu atau uang, misalnya, menautkan materi pemasaran digital seperti iklan, postingan media sosial, dll. ke halaman beranda Anda. Namun bisakah Anda mengukur bagaimana pengunjung situs web Anda akan bertindak sebagai respons setelah membuka situs web Anda dan tidak menemukan apa pun yang berharga?

Jadi, berikan upaya ekstra dalam membangun halaman arahan yang memiliki relevansi dengan kampanye pemasaran digital Anda untuk bisnis lokal. Ini bukan hanya tentang menjaga pengunjung situs web Anda tetap fokus, tetapi juga tentang memanfaatkan waktu mereka yang berharga sebaik-baiknya. Orang-orang secara alami tidak sabar ketika mencari sesuatu secara online. Beri mereka apa yang menarik hati mereka dengan halaman arahan yang sangat bertarget.

4. Aktif di media sosial

Memiliki halaman Facebook untuk bisnis lokal tidak sepenuhnya diperlukan. Ini perlu diperbarui secara berkala untuk menjangkau prospek dan secara aktif terlibat dengan pelanggan Anda yang kembali. Hindari membatasi aktivitas Facebook Anda hanya pada promosi dan penjualan produk/layanan Anda dan menawarkan kupon khusus meskipun tidak diragukan lagi penting dan berguna.

Anda dapat memanfaatkan Facebook untuk menambahkan berbagai bentuk nilai pada bisnis Anda. Misalnya, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan panduan atau postingan blog yang sesuai sebagai alat pemasaran digital bagi bisnis lokal guna membantu membangun dominasi bisnis Anda di domain keahlian Anda. Alternatifnya, Anda dapat memasang infografis menawan yang menunjukkan cara unik untuk membangun relevansi bagi bisnis dan merek Anda.

Pastikan Anda bertindak sebagai tanggapan terhadap komentar dari pelanggan Anda. Tertarik dan ciptakan dialog yang bermakna. Anda bisa bersikap praktis namun ramah ketika menanggapi kritik negatif. Strategi pemasaran digital Anda untuk bisnis lokal juga harus mencakup pengiriman pesan pribadi ke pelanggan yang tidak puas dan mencari masukan dari mereka tentang cara meningkatkannya. Dengan cara ini, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan memberi tahu pengikut bahwa Anda mendengarkan dan peduli.

5. Bertindak berdasarkan SEO Anda

Partisipasi aktif di media sosial tentunya membantu dalam perencanaan dan penerapan taktik SEO yang kuat. Selain itu, Anda perlu lebih memperkuat kehadiran web bisnis lokal Anda dengan mengoptimalkan situs web Anda secara menyeluruh.

5 Contoh Bisnis Berbasis Lingkungan yang Bisa Anda Coba

5 Contoh Bisnis Berbasis Lingkungan yang Bisa Anda Coba

Bisnis Berbasis Lingkungan – Dengan menjalankan bisnis berbasis lingkungan berarti Anda sudah server kamboja menunjukkan sikap cinta terhadap lingkungan. Peluang yang ada dalam lingkup bisnis ramah lingkungan ini juga cukup besar. Selain sebagai ide bisnis cemerlang, bisnis ini juga merupakan wujud kontribusi Anda dalam menjaga lingkungan. Bisnis ini sudah tidak lagi menjadi tren. Namun hal ini harus dipahami secara luas oleh masyarakat kita.

Dengan melihat pangsa pasar yang tepat. Mengelola bisnis ramah lingkungan dan berbasis sampah tidaklah sulit. Bisnis ini tidak akan mudah basi dan tidak mudah bersaing. Kini sudah banyak orang yang mulai melirik bisnis jenis ini. Lantas, seperti apa bisnis ini? Baca baik-baik di bawah ini.

Ada banyak jenis bisnis berbasis lingkungan. Mulai dari bisnis yang berhubungan dengan transportasi, produk rumah tangga, bahkan bisnis konsultasi. Keberagaman usaha dan produk juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jadi ada banyak pilihan yang bisa Anda ambil. Misalnya saja seperti gambar di bawah ini.

1. Usaha jualan kebun mini

Mungkin Anda pernah mendengar slogan “tanam sayur sendiri”. Anda dapat menemukan logo ini di berbagai tempat. Ini merupakan gerakan untuk menciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan ramah lingkungan. Namun, ada alasan untuk mengabaikan undangan ini. Misalnya, ketersediaan lahan yang tidak cukup luas untuk membuat kebun sayur sendiri. Karena Anda tinggal di flat atau apartemen. Dan ini adalah kesempatan bagi Anda. yaitu dengan menjual kebun mini. Bukan hanya tanaman pot saja yang Anda jual. Namun mereka juga menjual cara mendesain agar penataan pot tanaman bisa muat di flat atau apartemen sempit.

Baca juga: Transformasi Digital Sektor Keuangan: Pengertian dan Cara Penerapannya

2. Bisnis Konsultasi Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Bahkan, sama saja dengan mereka yang kini membuka usaha konsultasi manajemen waktu atau konsultan keuangan dan bisnis. Konsultasi gaya hidup hijau ini mampu mendorong klien untuk bertindak lebih ramah lingkungan setiap harinya. Misalnya tips cara menghemat bahan bakar, tips memasang alat elektronik, dan masih banyak lagi.

3. Membuka Toko Produk Ramah Lingkungan

Faktanya, tidak sedikit orang yang ingin berkontribusi dalam upaya perlindungan lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk ramah lingkungan. Namun, diakui sebagian besar masyarakat, sangat sulit menemukan produk ramah lingkungan. Kalaupun ada, harus impor dan harganya cukup mahal. Nah, Anda bisa menjadi solusi dari permasalahan ini. Dengan membuka toko yang menyediakan produk ramah lingkungan. Anda bisa memulainya dengan menjual tas belanja ramah lingkungan, sandal berbahan kain bekas, atau yang lainnya.

4. Usaha Kontraktor Ramah Lingkungan

Bagi anda yang sudah mempunyai rencana untuk membuka usaha kontraktor. Dan ingin terus berkontribusi bakarat online terhadap perlindungan lingkungan. Jadi jangan khawatir, karena kini bisnis kontraktor juga bisa ikut ambil bagian dalam perlindungan lingkungan. Salah satunya dengan mengangkat tema “hijau” pada bisnis kontraktor. Maksudnya adalah, melakukan penataan, desain, dan pengembangan yang mengikuti prinsip hijau. Memanfaatkan energi ramah lingkungan secara efisien

5. Membuka usaha reparasi sepeda

Nah, ini menjadi pilihan bisnis bagi Anda yang merupakan seorang insinyur mesin yang ingin berperan dalam perbaikan lingkungan. Karena disana terdapat bengkel sepeda yang modern dan unik. Maka masyarakat akan senang bersepeda dan ingin memiliki sepeda. Banyak orang yang beralih ke sepeda. Dan sedikit demi sedikit, penggunaan kendaraan bermotor bisa dikurangi.

Transformasi Digital Sektor Keuangan: Pengertian dan Cara Penerapannya

Transformasi Digital Sektor Keuangan: Pengertian dan Cara Penerapannya

Digital Sektor Keuangan – Transformasi digital merupakan isu besar yang slot thailand mempengaruhi setiap aspek kehidupan, termasuk sektor keuangan. Oleh karena itu, para pelaku industri berupaya mempercepat proses transformasi digital di sektor keuangan. Fenomena ini wajib di waspadai oleh siapa pun yang terlibat di dalamnya, termasuk mahasiswa jurusan keuangan.

Pengaruh transformasi digital di bidang keuangan akan berdampak langsung pada mahasiswa jurusan keuangan. Anda perlu membekali diri dengan keterampilan yang tepat untuk mampu mengikuti perubahan tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu, apa pengertian dan bagaimana transformasi digital di terapkan di sektor keuangan?

Memahami Transformasi Digital Sektor Keuangan

Dengan kata lain, transformasi digital sektor keuangan merupakan upaya pengelolaan keuangan neko slot dengan mengandalkan ekosistem digital dan teknologi terkini. Implementasi transformasi digital yang efektif di sektor keuangan akan memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan efisiensi
  • Mengurangi tingkat kesalahan
  • Mengoptimalkan alokasi tenaga kerja
  • Mempercepat proses yang perlu dilakukan

Bagaimana Menerapkan Transformasi Digital di Sektor Keuangan

Proses transformasi digital di sektor keuangan merupakan upaya raja mahjong yang masif. Oleh karena itu cara pelaksanaannya harus di lakukan secara hati-hati dan hati-hati. Ada beberapa upaya yang dapat di lakukan sebagai bentuk transformasi digital, yaitu:

1. Blockchain

Teknologi Blockchain merupakan sebuah buku besar yang bekerja secara digital dan terdesentralisasi. Karena pengelolaannya di lakukan bersama-sama oleh beberapa pihak, sistem ini menawarkan tingkat keamanan dan transparansi yang lebih baik. Penggunaan teknologi blockchain membantu perusahaan melakukan pemrosesan keuangan dengan lebih cepat. Selain itu, perusahaan juga dapat mengurangi biaya terkait pengelolaan database.

Baca juga: Daftar 5 Aplikasi Mobile untuk Menjaga Kesehatan Mental

2. Visualisasi Data Waktu Nyata

Penerapan transformasi digital di sektor keuangan melibatkan pemanfaatan teknologi berbasis cloud yang di dukung oleh arsitektur perangkat lunak yang intuitif. Pemanfaatan teknologi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi data dan tren terkini secara real time kepada pemangku kepentingan.

Manfaat ini memberikan keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan. Pertama, proses pengambilan keputusan dapat berlangsung lebih cepat. Selain itu, perusahaan juga bisa mendapatkan keputusan terbaik. Alasannya karena proses pengambilan keputusan didasarkan pada data yang relevan.

3. Otomatisasi Proses

Sistem keuangan konvensional memiliki berbagai aktivitas yang berulang dan membosankan. Kemajuan teknologi dapat membantu mempercepat pelaksanaan tugas ini. Daripada menggunakan tenaga manusia, proses yang sederhana dan berulang dapat di gantikan dengan perangkat lunak.

4. Teknologi AI

Teknologi kecerdasan buatan (AI) mempunyai manfaat besar di bidang keuangan. Perusahaan dapat menggunakannya untuk menganalisis data keuangan. Dengan dukungan data yang akurat, proses analisis AI dapat mendorong proses pengambilan keputusan terbaik bagi perusahaan.

Peluang Bisnis Menjanjikan

Inilah 20 Peluang Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023

Inilah 20 Peluang Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023 – Bagi kamu yang sedang mencari peluang usaha di 2023 dengan modal yang kecil, kamu harus kreatif dalam mencari kesempatan.

Di tahun ini banyak pilihan peluang usaha yang bisa kamu pilih untuk menambah penghasilan. Beberapa rekomendasi ide usaha ini mungkin belum pernah kamu bayangkan sebelumnya dapat mendatangkan keuntungan.

Membuka bisnis menjadi pilihan sebagian orang setelah pandemi berakhir. Beberapa orang kembali menata perekonomian dan mencoba mendapatkan penghasilan tambahan sebanyak-banyaknya.

Bagi kamu yang ingin memulai usaha bisnis maka sebaiknya mulai dari sekarang.

Peluang Bisnis 2023

Berikut ini adalah peluang bisnis yang menjanjikan tahun 2023.

1. Jasa Event Organizer Online

Usaha event organizer ini di butuhkan untuk menyediakan berbagai acara secara daring. Kamu dapat menyediakan jasa ini untuk perusahaan dan orang-orang yang memiliki kepentingan untuk mengadakan acara secara online.

2. Jasa Membuat Website

Jika kamu memiliki kemampuan untuk membuat sebuah website, ini bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan. Keberadaan website cukup penting untuk berbagai jenis bisnis yang di jalankan oleh wirausahawan. Bayarannya pun di sesuaikan dengan pengalaman.

3. Bisnis Kosmetik dan Perawatan Wajah

Bisnis ini cukup berpotensi menghasilkan banyak keuntungan di tahun 2023 di karenakan banyaknya peminat. Ditambah lagi kebanyakan masyarakat mulai tertarik dengan produk dalam negeri yang lebih ekonomis dan tidak kalah bagus dengan produk luar negeri.

4. Kursus Online

Kursus online menjadi populer pada saat pandemi dan berlanjut hingga saat ini. Jika kamu memiliki keahlian pada bidang tertentu, bisnis ini sangat menguntungkan dengan modal yang minim.

5. Jasa Desain Grafis

Jika kamu memiliki kemampuan desain grafis maka jasa ini merupakan peluang usaha yang tepat. Kamu bisa mendesain produk, membuat logo brand, hingga desain baju. Desain grafis juga dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan konten pada media sosial.

6. Jasa Edit Video

Jasa edit video banyak dibutuhkan di beberapa perusahaan seperti editor film, iklan, animasi, dll. Untuk dapat menjalankan bisnis ini diharapkan kamu memiliki peralatan yang memadai.

7. Sewa Kendaraan Bermotor

Pada umumnya orang akan menyewa kendaraan bermotor di tempat wisata. Jasa penyewaan ini sangat diminati wisatawan karena memudahkan dalam bepergian. Bisnis ini dapat dijalankan di tempat tertentu seperti tempat wisata, bandara, serta lokasi strategis lainnya.

8. Bisnis Cuci Kendaraan Bermotor

Tidak semua yang memiliki kendaraan bermotor memiliki waktu untuk mencuci sendiri kendaraannya. Bisnis ini adalah peluang yang bagus apalagi jika memiliki tempat yang banyak dilalui oleh kendaraan. Dari sanalah kamu bisa mendapatkan pelanggan yang banyak.

9. Jual Barang Second

Jika kamu memiliki barang yang sudah tidak di pakai lagi maka jual barang second merupakan pilihan. Pada bisnis ini tentunya kamu harus jujur tentang barang yang di jual dan berikan informasi yang detail untuk konsumen.

10. Jasa Menjahit

Jika kamu memiliki kemampuan untuk menjahit, bisnis ini dapat di jalankan. Bukan hanya baju saja, tetapi bisa juga jilbab hingga aksesoris lainnya. Jasa menjahit ini di butuhkan oleh mereka yang memiliki bisnis fashion dan aksesoris.

11. Jasa Terjemahan

Jika kamu mahir berbahasa asing maka jasa penerjemah ini bisa menjadi peluang usaha di 2023. Jasa terjemahan dapat membantu dalam menerjemahkan berbagai dokumen bahasa asing, buku berbahasa asing, bahkan sampai film.

Baca Juga : Mengenal Peluang & Tantangan bisnis di era digital saat ini

12. Bisnis Sembako

Bisnis yang tidak ada matinya dan selalu di butuhkan sepanjang waktu. Bukan hanya pada warung atau toko konvensional, bahkan kamu dapat menjual sembako di toko online yang kamu miliki. Bisnis ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan sepanjang waktu.

13. Jualan Pulsa

Salah satu bisnis yang cukup jadi peluang untuk menambah pendapatan kamu tahun 2023. Untuk berjualan pulsa kamu dapat membelinya pada agen penyedia pulsa yang besar lalu mereka akan memberikan paket pulsa diskon. Kamu pun dapat menjual dengan harga pasaran.

14. Admin Sosial Media

Salah satu bisnis yang cukup bagus belakang ini, yaitu admin sosmed. Bisnis ini di butuhkan oleh beberapa perusahaan yang menjalankan media sosial sehingga mereka dapat lebih dekat dan berinteraksi dengan konsumen.

15. Bisnis Jasa Foto

Jika kamu memiliki hobi dalam memotret maka mulailah bisnis jasa foto ini. Bisnis ini dapat di jalankan pada acara pernikahan, produk makanan, produk kecantikan dan lainnya.

Peluang usaha menjadi fotografer ini pilihan yang tepat karena banyak pebisnis memanfaatkan jasa fotografer untuk pengembangan bisnisnya.

16. Jual Bunga Segar

Banyak orang atau perusahaan sekalipun memulai mengirim bunga untuk beberapa acara atau sebagai ucapan kepada seseorang. Kamu dapat menjualnya dengan merangkainya dengan cantik agar dapat di jadikan flower bouquet.

17. Penulis Blog

Jika kamu memiliki kemampuan menulis di blog maka ini menjadi peluang bisnis online yang bagus. Menjadi penulis blog sendiri termasuk memiliki waktu yang fleksibel karena tidak mengganggu pekerjaan full time.

Kamu bisa memilih menjadi penulis freelance atau memonetisasi blogmu sendiri dengan memasang ads.

18. Jasa SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah sub-spesialis dari bidang digital marketing yang saat ini sedang ramai dibahas dan banyak bermunculan lowongan pekerjaanya. Fungsi dari SEO sendiri berfokus pada platform website agar lebih terlihat sehingga konversi di website kamu semakin tinggi. Saat ini Jasa SEO bisa jadi peluang bisnis yang bisa dilakukan dari rumah aja, lho!

19. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan peluang usaha tanpa modal yang dapat kamu coba. Kamu dapat menghasilkan uang hanya dengan melakukan promosi produk.

Saat ini sudah ada beberapa marketplace yang menawarkan kerja sama sebagai affiliate dengan komisi yang menjanjikan.

20. Jasa Penitipan Anak

Jika kamu memiliki area atau tempat yang bisa di jadikan jasa penitipan anak maka bisnis ini juga dapat menjadi peluang yang menghasilkan. Jasa penitipan anak itu cukup populer di kota-kota besar dimana orang tua yang memiliki kesibukan bekerja dari pagi hingga malam.

Agar dapat laris manis buatlah fasilitas anak yang memadai sehingga anak-anak akan betah dan para orang tua pun lega menitipkannya.

5 Daftar Startup Indonesia yang Sukses di Skala Internasional

5 Daftar Startup Indonesia yang Sukses di Skala Internasional

Startup Indonesia yang Sukses di Skala Internasional – Di era modern ini, siapa yang tidak ingin berkarir di salah satu startup sukses Indonesia? Tawaran gaji yang tinggi, jaminan keamanan kerja, dan keseimbangan kehidupan kerja yang baik menjadi alasan generasi muda menekuni karir di startup, menurut hasil penelitian The Balances Careers. Berdasarkan data Startup Ranking, hingga Maret 2022 terdapat 2.331 startup di Indonesia. Startup sendiri identik dengan perusahaan teknologi karena mereka merancang dan menghasilkan produk teknologi seperti aplikasi, software atau website.

Menariknya, hingga saat ini sudah ada beberapa startup Indonesia sugar rush 1000 yang berhasil melebarkan sayap bisnisnya hingga ke kancah internasional lho. Hal ini membuat banyak pencari kerja bercita-cita bekerja di perusahaan teknologi. Nah, jika Anda salah satunya, sebaiknya ketahui dulu fakta dan cara mendapatkan pekerjaan di perusahaan teknologi. Penjelasan lengkapnya bisa Anda baca di e-book Panduan Sukses Mendapatkan Pekerjaan di Perusahaan Teknologi. Yuk klik tombol di bawah untuk mengisi formulir dan download e-book terbaru dari kami secara gratis! Setelah mempersiapkan diri untuk bekerja di perusahaan teknologi, kini Anda tahu apa saja startup Indonesia yang sukses. Berikut sembilan contoh yang telah kami kurasi untuk Anda.

1. GO-JEK

Saat ini siapa yang tidak mengenal GO-JEK? Perusahaan bertajuk Decacorn yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini sukses memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di kota-kota besar.

Startup asal Indonesia yang berdiri sejak tahun 2010 ini telah mengembangkan fitur-fitur praktis yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. Layanan seperti Go-Car, pesan-antar makanan Go-Food, pengantaran barang Go-Send, dan angkutan barang Go-Box dapat dengan mudah dimanfaatkan pengguna melalui ponselnya.

2. Traveloka

Bagi yang sering bepergian, aplikasi Traveloka pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Bagaimana bisa? Salah satu startup sukses Indonesia berhasil menyandang predikat unicorn. Didirikan oleh Ferry Unardi (CEO), Derianto Kusuma (CTO), dan Albert Zhang (Head of Design) pada tahun 2012, startup asal Indonesia ini memulai layanannya dengan mencari perbandingan harga tiket pesawat dari berbagai situs.

Hingga pertengahan tahun 2013, startup asal Indonesia ini menciptakan layanan pemesanan tiket pesawat mandiri untuk pengguna setianya. Setahun kemudian, tepatnya pada pertengahan tahun 2014, Traveloka memasuki bisnis pemesanan kamar hotel dan menciptakan aplikasi gratis yang dapat diunduh di perangkat Play Store berbasis Android dan iOS.

3. Tokopedia

Startup Indonesia berikutnya adalah situs belanja online Tokopedia yang sukses sejak resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2009. Perusahaan yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison ini menjadi perusahaan startup Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang mendapat pendanaan sebesar US 100 juta . dolar atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc. Pada Agustus 2017, Tokopedia juga mendapat investasi dari perusahaan asal Tiongkok, Alibaba, sebesar 1,1 miliar dolar AS.

4. HijUp

Didirikan pada Agustus 2011, HijUp adalah e-commerce fashion B2C yang khusus menjual pakaian muslim Indonesia. Hingga akhir tahun 2021, HijUp telah berhasil menjual lebih dari 120 brand dari 30 desainer lokal yang telah bergabung di websitenya.

Selain fashion muslim, startup yang didirikan Diajeng Lestari ini juga slot deposit 25 bonus 25 menjual pakaian anak serta produk home & living. Pembeli produk-produk yang dijual HijUp tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, namun sudah merambah ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Australia, serta negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

5.OVO

Setelah mendapat predikat unicorn pada tahun 2019, wajar jika OVO dinobatkan sebagai salah satu startup sukses di Indonesia. Perusahaan yang didirikan oleh Lippo Group ini berhasil menjadi salah satu aplikasi dompet digital yang digemari masyarakat Indonesia. Karena kinerjanya yang luar biasa, CB Insights melalui CNBC mengabarkan hingga awal tahun 2020 OVO memiliki valuasi sebesar 2,9 miliar dollar AS.

5 Strategi Bisnis di Masa Pandemi, Sudahkah Anda Terapkan?

4 Strategi Bisnis di Masa Pandemi, Sudahkah Anda Terapkan?

Strategi Bisnis di Masa Pandemi – Meski saat ini pemerintah sudah tidak lagi membatasi aktivitas di luar rumah, namun dunia usaha tetap perlu beradaptasi dengan tatanan normal baru. Dampak pandemi COVID-19 terhadap dunia usaha sangat besar. Roda perekonomian melambat, pasar mulai lesu, omset menurun, begitu pula produktivitas.

Padahal pemerintah telah menyiapkan stimulus untuk membantu meningkatkan perekonomian dan menjaga daya beli khususnya bagi UMKM. Namun, sebagai seorang wirausaha tentunya juga harus mempersiapkan strategi bisnis di masa pandemi. Jadi, bisnisnya masih bisa bertahan dan terus berkembang.

Strategi Bisnis di Masa Pandemi

Lantas, strategi bisnis apa saja yang bisa Anda terapkan di masa pandemi agar operasional bisnis tetap berjalan lancar? Berikut beberapa strategi bisnis di masa pandemi yang bisa Anda coba:

1. Tunjukkan Kepedulian

Tunjukkan kepekaan Anda dalam menyikapi pandemi ini. Jaga komunikasi yang baik dengan pelanggan. Berhati-hatilah saat mempromosikan produk atau layanan Anda. Jangan biarkan merek Anda memberikan kesan bahwa Anda memanfaatkan situasi untuk keluar dari situasi tersebut dan mendapatkan keuntungan. Cara ini akan memberikan citra buruk pada bisnis Anda.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjukkan kepedulian Anda adalah dengan mengambil tindakan yang berfokus pada kepentingan publik. Misalnya, berbagi fakta tentang cara pencegahan virus corona atau program CSR ibarat memberikan dukungan nyata kepada mereka yang terdampak.

Jika ragu, kirimkan saja pesan bahwa Anda peduli terhadap orang-orang yang terdampak COVID-19. Anda dapat menyampaikan pesan ini melalui sarana komunikasi bisnis yang umum digunakan, seperti email atau media sosial.

2. Memberikan Distraksi Positif

Situasi yang tidak menentu membuat banyak orang merasa khawatir dan stres. Kondisi seperti ini bukanlah saat yang tepat untuk mempromosikan penjualan. Bukan hanya karena strategi seperti ini bisa menjadi bumerang bagi brand Anda, namun besar kemungkinannya juga tidak tepat sasaran dan mencapai target yang diinginkan.

Sebaliknya, pikirkan bagaimana brand Anda dapat memberikan distraksi positif kepada audiens Anda, salah satunya dengan membangun sebuah cerita. Misalnya, Anda bisa bercerita tentang kepedulian Anda terhadap orang-orang dan komunitas di sekitar Anda, visi Anda sebagai sebuah brand, dan lain sebagainya. Tentunya dengan penyampaian yang tepat.

Gunakan waktu ini untuk membangun kembali semangat komunitas. Cerita positif mampu menenangkan pikiran. Beberapa merek melakukan hal ini dengan membangun cerita menarik tentang pelanggan mereka, bukan merek itu sendiri. Jika Anda memutuskan untuk melakukan hal tersebut, ingatlah selalu untuk tetap peka dalam menyampaikan setiap pesan.

3. Minimalkan kontak

Strategi bisnis lain di masa pandemi yang bisa Anda terapkan adalah dengan meminimalisir kontak saat bertransaksi. Untuk menghindari penyebaran virus corona, sebisa mungkin hindari transaksi langsung.

Apalagi saat ini transaksi dapat dengan mudah dilakukan secara online seperti m-banking atau internet banking. Jadi Anda tidak perlu repot pergi ke bank. Saat ini sebagian besar bank memiliki aplikasinya sendiri sehingga Anda dapat memantau setiap transaksi yang Anda lakukan secara real-time.

Bagi Anda yang memiliki toko fisik, Anda bisa mencegah penularan dengan menetapkan batasan jarak sosial dan mewajibkan setiap pengunjung menggunakan masker. Misalnya dengan memasang pembatas plastik atau akrilik transparan di area kasir untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

4. Meninjau anggaran dan menjaga arus kas

Keuangan usaha menjadi hal krusial yang perlu diperhatikan, apalagi di kondisi yang tidak menentu seperti ini. Keuangan yang dikelola dengan baik dan hati-hati dapat menimbulkan risiko bagi kelangsungan usaha Anda. Anggaran merupakan gambaran anggaran suatu usaha yang penting untuk dijalankan, baik untuk mengevaluasi hasil kerja maupun membuat rencana dan target untuk periode atau tahun berikutnya.

Dalam situasi seperti ini, para pebisnis harus lebih bijak dalam mengambil keputusan. Jangan biarkan operasional bisnis terancam. Ada banyak kasus di sekitar Anda mengenai bisnis yang gagal selama pandemi. Baik itu bisnis besar maupun bisnis skala kecil, keduanya memiliki risiko kebangkrutan yang sama.

Oleh karena itu, Anda perlu menambahkan pengelolaan keuangan bisnis yang tepat ke dalam salah satu strategi bisnis Anda di masa pandemi. Coba analisa, adakah anggaran yang bisa dipangkas untuk memangkas pengeluaran? Bagaimana dengan arus kasnya? Pastikan setiap transaksi tercatat dengan baik dan rapi agar arus kas tetap seimbang.

Mengenal peluang & tantangan bisnis di era digital saat ini

Mengenal Peluang & Tantangan bisnis di era digital saat ini

Kenali Peluang & Tantangan Bisnis – Era digital telah dimulai yang berarti era perdagangan spaceman slot bebas juga telah dimulai. Tentu akan banyak peluang dan tentunya banyak tantangan bisnis yang akan dihadapi di era ini. Kebebasan dan kecepatan informasi menjadi salah satu faktor penyebabnya. Peluang adalah kabar baik bagi pemilik bisnis. Namun lain halnya jika yang datang adalah tantangan bisnis. Jika hal ini terjadi, seorang pemilik bisnis harus mempunyai strategi untuk menghadapinya. Namun sebelum mencari strategi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis tantangan bisnis yang akan Anda hadapi di era digital ini. Berikut penjelasannya.

Transformasi Digital

Transformasi digital yang semakin hari semakin maju dan canggih memberikan banyak manfaat bagi perkembangan dunia usaha saat ini. Teknologi dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya dengan hasil yang maksimal. Namun transformasi gates of olympus tersebut bisa menjadi tantangan besar jika bisnis yang dijalankan tidak bisa mengimbanginya. Terlebih lagi, ketakutan akan perubahan cara-cara lama akan menimbulkan kekhawatiran jika transformasi yang dilakukan tidak sesuai harapan atau gagal. Hal ini perlu disikapi dengan rasa optimisme yang tinggi dan pantang menyerah. Sebuah bisnis harus mampu beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang. Pemilik usaha akan dituntut untuk terus belajar dan belajar. Memang terkesan menyita waktu dan tenaga, namun jika berhasil akan membuat menjalankan bisnis menjadi jauh lebih mudah.

Kecepatan

Sama seperti teknologi yang menuntut pemilik usaha untuk adaptif, masyarakat saat ini juga menuntut produk dan layanan yang cepat dan praktis. Dan jika keinginan tersebut tidak dapat dipenuhi oleh pemilik usaha, maka konsekuensinya perlahan-lahan usaha tersebut akan ditinggalkan oleh konsumen. Pemilik bisnis dapat mengatasi hal tersebut dengan berkolaborasi dengan teknologi saat ini. Bisnis yang dipadukan dengan teknologi bisa maju lebih pesat karena mengikuti perkembangan pasar.

Salah satu pemanfaatan teknologi adalah otomatisasi dalam pengelolaan sumber daya perusahaan. seperti penggunaan aplikasi berbasis cloud dalam pengelolaan pegawai, aplikasi keuangan, dan juga aplikasi pengarsipan.

Sumber daya manusia

Teknologi telah diadopsi dalam dunia bisnis, namun masih ada beberapa pekerjaan rumah yang perlu dilakukan yaitu menjadikan sumber daya manusia yang digunakan juga adaptif terhadap teknologi tersebut. Jangan sampai biaya yang dikeluarkan untuk pembaruan teknologi tidak maksimal karena pihak-pihak yang terlibat tidak mampu memanfaatkannya.

Suatu usaha yang ingin berjalan secara profesional dan berkembang perlu merekrut sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan memadai. Selain itu, pemilik usaha juga harus memberikan pelatihan tambahan dan meningkatkan pengetahuannya secara berkala untuk beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Masyarakat yang Selalu Berubah

Selain menginginkan sesuatu secara cepat dan praktis, tantangan masyarakat saat ini adalah selalu berubah, baik dari segi selera, keinginan, dan kebutuhan. Masyarakat saat ini mudah bosan dengan berbagai hal dan memiliki keinginan yang cukup kompleks. Mereka juga lebih pintar dalam memilih produk mana yang cocok dan mana yang tidak. Hal ini menjadi tantangan karena menuntut pemilik usaha untuk lebih sering berpikir dan berinovasi dalam menciptakan produk dan layanan.

Pemilik usaha juga dituntut untuk berpikir out of the box agar dapat menghasilkan sesuatu yang unik dan tidak biasa. Namun tantangan ini sebenarnya bisa bermanfaat di masa depan. Upaya yang dilakukan pemilik usaha untuk terus berinovasi akan menambah pengetahuan mengenai pasar dan produk. Dan tentunya hal ini dapat memberikan manfaat yang maksimal di kemudian hari.

Persaingan Meningkat

Sekali lagi, teknologi mempunyai pengaruh terhadap hal ini. Teknologi canggih mampu mengintegrasikan saluran bisnis sehingga dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu. Faktanya, sebuah bisnis dapat berkolaborasi dengan bisnis lain di belahan dunia mana pun. Dan tentunya suatu bisnis juga mempunyai pesaing dari berbagai bisnis lain di belahan dunia manapun. Jika tidak dibarengi dengan inovasi yang terus menerus maka bisnis akan tertinggal dibandingkan kompetitor. Selain itu, tantangan lain yang sering ditemui ketika berhadapan dengan kompetitor adalah bagaimana bersaing secara sehat. Karena pada dasarnya hal ini sangat penting untuk dilaksanakan. Jika mampu bersaing secara sehat maka akan terbentuk iklim usaha yang baik.

 

Update Berita Bola